Mengenang Sinden Tarling Cerebonan Dariyah

Barbie cute | 7:57 AM |

Sinden tarling Alm. Mimi Hj. Dariyah sudah tiada, Almarhumah meninggal pada usia 58 tahun, tepatnya pada Selasa 18 Oktober 2011 silam di tanah kelahirannya Desa Cipunagara Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang.

Alm. Hj. Dariyah
Kepergian sinden tarling beken kelahiran 1 Agustus 1953 ini tak banyak orang tahu. Hal itu karena lama menderita sakit, meninggal dunia hingga dikebumikan di Kabupaten Subang. Pada saat itu, mendengar kabar duka tentang kepergian Alm. Mimi Hj. Dariyah membuat para seniman, dan masyarakat Indramayu merasa kaget.

Alm. Mimi Hj. Dariyah hampir empat tahunan menderita sakit di bagian dalam. Sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit ternama di Jakarta, ternyata kesehatannya terus menurun.

Setelah menderita sakit nyaris aktivitas di dunia panggung tarling mandeg, padahal nama Grup Tarling "Cahaya Muda" yang dipimpin suaminya H.T. Makmun Ridwan saat itu tengah populer.

Alm. Mimi Hj. Dariyah pernah bersedih, belakangan ini seni tarling sudah banyak ditinggal senimannya termasuk tak dicintai masyarakatknya. Padahal tarling merupakan seni budaya khas Indramayu yang pernah Berjaya di zamannya. Dan sebuah seni klasik yang telah dikenal di seantero nusantara bahkan sudah mendunia.

Seandainya Tuhan masih memberi umur panjang, Alm. Mimi Hj. Dariyah berencana ingin mendirikan padepokan seni tarling di samping rumahnya di Desa Jatibarangbaru. Ia berkeinginan mencetak generasi seniman tarling handal, yang mampu memberdayakan tarling agar tetap hidup sepanjang masa. Namun rencana itu tak kesampaian, karena Tuhan telah lebih dulu memanggil-Nya.

Alm. Mimi Hj. Dariyah mulai meniti karier menjadi sinden tarling sejak usia lima tahunan. Ia aktif di grup wayang kulit, sandiwara, dan tarling. Setelah dewasa ia menikah dengan T. Makmun Ridwan asal Desa Cikedung dan mendirikan Grup Tarling Cahaya Muda tahun 1969.
Selama hidupnya, Alm. Mimi Hj. Dariyah bukan hanya dikenal sebagai sinden tarling. Ia adalah seorang komponis lagu-lagu Jawa Dermayonan. Banyaklagu buah ciptaannya hingga kini yang masih tetap abadi. Diantaranya lagu Cibulan, Manuk Dara Sepansang, Enakan, Ruwed Ngampret, Petruk Dadi Raja, dll. Selain piawai mencipta lagu, Alm. Mimi Hj. Dariyah dikenal sebagai kreator, pengarang, dan pelaku/tokoh drama tarlingan. Puluhan album kaset drama tarling yang kocak dan lucu hasil karyanya sampai kini masih bnanyak dijual di toko-toko kaset
.
Alm. Hj. Dariyah
Tahun 1975 Alm. Mimi Hj. Dariyah pernah meraih juara III lomba tembang lagu-lagu Sunda se Jawa Barat.

Hampir setengah abad mengabdi di dunia seni tarling, Alm. Mimi Hj. Dariyah bukan hanya seorang figur seniman komersial. Ia juga adalah sosok seorang guru seni, banyak sinden, artis, dan pemain tarling hasil didikannya. Sebut saja sinden Hj. Aam Aminah (alm), H. Anom Udin Zein (alm), Yoyo Suwaryo (alm), Hj Aas Rolani, Nunung Alvie, dan banyak lagi sinden dan seniman tarling lainnya.

Kini Alm. Mimi Hj. Dariyah telah tiada. Hanya karya, karsa, dan jasamu yang bisa dikenang. 

Semoga tarling tetap abadi di hati pemirsanya.


Category: , , , , ,

Dangdut Koplo Populer
Gudang musik lagu dangdut Koplo Populer terbaru dan lawas , Profile dan foto artis penyanyi dangdut, Silahkan berselancar di Blog Dangdut Koplo Populer